5 Cara Untuk Menghindari Keadaan Darurat Medis Berikutnya

Kondisi darurat medis adalah kondisi yang tidak normal, tidak terkendali yang berpotensi menimbulkan korban jiwa akibat kecelakaan, kebakaran, atau bencana alam. Seseorang yang mengalami kondiri darurat di bidang medis seringnya diakibatkan oleh kecelakaan yang bersifat mendadak. Kondisi ini tidak hanya mempengaruhi fisik tetapi juga finansial bagi keluarga yang mengalaminya. 

Biaya pengobatan dan perawatan yang mahal menjadikan kondisi semakin sulit. Apalagi jika sebelumnya tidak Anda tidak memiliki tabungan sebagai dana darurat. Ditambah lagi jika Anda merupakan tulang punggung tunggal dalam keluarga. Berhutang bisanya akan dipilih sebagai jalan pintas untuk mengatasi situasi seperti itu. Namun, sebelum berhutang sebaiknya Anda pertimbangkan 5 cara di bawah ini untuk menghindari keadaan darurat di masa depan.

  1. Meminta Pertolongan Keluarga atau Teman Dekat

Keluarga atau teman dekat bisa dijadikan rujukan apabila Anda mengalami kondisi darurat medis yang serius. Tanyakan baik-baik pada mereka apakah mereka dapat membantu dan buatlah pernyataan jika hubungan Anda dengan mereka tetap baik-baik saja apabila mereka belum bisa memberikan bantuan. 

Buatlah surat pernyataan yang jelas mengenai jumlah uang, tanggal pinjam dan jangka waktu pengembaliannya apabila terjadi transaksi dengan keluarga atau teman dekat. Hal ini dilakukan untuk menghindari konflik di masa yang akan mendatang

  1. Menjual atau Menggadaikan Barang

Sebelum berhutang coba lihat di sekitar Anda, apakah ada barang yang masih layak untuk dijual. Anda dapat menjualnya di media sosial agar lebih banyak menjangkau orang. Jika Anda membutuhkan uang cepat, maka bawalah barang Anda ke pegadaian, kemungkinan pegadaian akan menerimanya dan Anda dapat mendapatkan uang untuk keadaan darurat.

  1. Mengurangi Pengeluaran 

Apabila Anda belum bisa menambah pintu pemasukan ada baiknya Anda mulai mengurangi jumlah pengeluaran dan mengalokasikan sisa dana untuk di tabung. Mungkin saja tindakan ini dapat membantu Anda mengatasi kondisi darurat medis di masa depan sehingga menghindarkan Anda dari tindakan berhutang

  1. Membuat Donasi

Jika kondisi Anda benar-benar tidak memungkin untuk meminta bantuan teman, menjual atau menggadaikan barang, dan mengurangi pengeluaran, Anda mungkin bisa melakukan galang donasi. Saat ini sudah tersedia banyak platform yang memudahkan Anda untuk menggalang donasi. Pastikan Anda menyertakan alasan mengapa melalukan hal ini dan untuk apa uang donasi tersebut akan digunakan

  1. Memiliki Asuransi Kecelakaan Diri

Asuransi kecelakaan diri merupakan salah satu jenis dari asuransi jiwa yang memiliki program jaminan apabila Anda mengalami kecelakaan ringan hingga berat, bahkan ketika terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kematian. Asuransi ini juga dapat meringankan biaya pengobatan, rawat inap di rumah sakit atau tindakan medis lainnya. 

Ditinjau dari fungsinya, memiliki asuransi ini dari sekarang akan sangat berguna karena asuransi ini memberikan perlindungan terbaik bagi Anda maupun keluarga. Sehingga ketika sewaktu-waktu terjadi keadaan darurat, Anda tidak perlu khawatir pada kondisi finansial lagi dan cukup berfokus pada proses pemulihan. 

Itulah 5 cara yang dapat Anda lakukan untuk menghindari keadaan darurat medis di masa depan. Jika dilihat lagi, cara yang efektif adalah dengan memiliki asuransi khusus yang memberikan perlindungan finansial apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Mulai saat ini jangan lagi anggap remeh kebutuhan asuransi karena kecelakaan ataupun bencana alam dapat terjadi dimana saja, kapan saja, dan tanpa pemberitahuan sebelumnya. Lebih baik sedia payung sebelum hujan, sedia perlindungan untuk hidup Anda dan keluarga kesayangan.

Related Posts

Lindungi Diri Anda dengan Asuransi Kecelakaan Diri

Hidup tidak selalu berjalan sesuai rencana. Ada saja kejutan-kejutan di setiap perjalanannya, kadang kejutan itu menyenangkan namun tak jarang kejutan itu bisa jadi membuat Anda perlu menghela…